Selasa, 29 Juni 2010

Peradaban Bangsa

Indonesia terdiri dari suku bangsa dan juga peradapan (pola hidup) yang pada dasarnya mempunyai wilayah adat yang didasari dari mitologi dan masyarakat adat.

Peradapan ini tergambar pada bentuk tingkah laku dan tindakan yang muncul sebagai sebuah tradisi yang mencerminkan kelompok sosial yang bersangkutan dan terkait dengan budaya. Beberapa peradapan tersebut diantranya;

Peradapan Berburu dan Meramu
Peradapan perladangan berpindah
Peradapan Ternak
Peradapan Pertanian
Peradapan Industry

Pada setiap suku bangsa dapat mempunyai 2 atau lebih peradapan. Peradapan yang berbeda-beda ini, di Indonesia disatukan dalam sebuah sistem politik, sehingga melahirkan Kebudayaan Nasional.

Ada 3 sistem kebudayaan yang menjadi acuan bagi warganya yaitu; sistem Nasional, Sistem SukuBangsa, dan Sistem Lokal/setempat.

1. Sistem Kebudayaan Nasional; Suatu sistem acuan yang menjadi dasar bagi warga anggota masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang dominasi aturannya dipegang oleh pemerintah dengan berdasarkan falsafah negara (pancasila) serta UUD 45.

2. Sistem Kebudayaan SukuBangsa; kebudayaan yang merupakan suatu sistem pengetahuan yang digunakan sebagai acuan oleh anggota suku bangsa yang bersangkutan yang dasarnya suku bangsa tersebut warga dari anggota msyarakat yang lebih luas. Digunakan untuk memahami dan menginterpretasikan lingkungan, serta memanfaatkannya demi kesejahteraan warganya serta kepentingannya.

3. Sistem Kebudayaan Lokal/Kebudayaan Umum; sistem sosial yang ada didalam tempat-tempat umum lokal yang aturannya berdasarkan pada konsesi dari semua anggota warga masyarakat yang terlibat didalamnya. Ruang sosial tempat-tempat umum ini terdapat suatu kebudayaan yang dijadikan oleh para pelaku untuk bertindak dan saling berhubungan. (ada posisi dan kedudukan antar pelaku).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar