Kamis, 05 Agustus 2010

Dekat Hutan dan Taman Nasional

Dekat Hutan dan Taman Nasional


KAWASAN Alla Kappang, Maros, berada di sekitar jalan poros Makassar-Bone. Selain dikenal sebagai wilayah hutan lindung dan Taman Nasional Karaenta, Kappang juga adalah kawasan kars yang kerap menjadi lokasi latihan bagi kelompok pecinta alam.

Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG) menempatkan salah satu alat pendeteksi gempa dan nuklir di kawasan ini. Perangkat alat tersebut terkesan sederhana karena hanya berbentuk gardu.
Meski sederhana, perangkat tersebut bisa membedakan getaran gempa yang disebabkan oleh alam atau oleh uji coba nuklir.
Alla Kappang berada di posisi ketinggian dan sering diliputi kabut. Letaknya berada di kaki Gunung Bulusaraung.
Jalan berkelok-kelok yang sempit dengan tanjakan yang curam menjadi ciri khas kawasan Alla Kappang. Bila berkendara di malam hari, suasana gelap gulita terasa di daerah yang banyak dihuni kera putih dan babi hutan ini.
Posisi Alla Kappang tak jauh dari kawasan wisata alam Bantimurung. Diperkirakan jarak Bantimurung dengan Alla Kappang hanya sekitar sembilan kilometer. Suasana alam kedua tempat ini pun sangat mirip, dikelilingi tebing batu.
Di masa penjajahan Jepang, kawasan ini menjadi salah satu tempat perlindungan tentara Jepang. Tak heran, sangat banyak ditemui gua-gua yang disebut sebagai gua alam. Sejumlah warga menyebutkan kawasan Alla Kappang juga menjadi salah satu basis perjuangan tentara Darul Islam Tentara Islam Indonesia (DI/TII) yang dipimpin Qahhar Mudzakkar.
Kappang dikenal.(jid)

Sumber.
Tribun Timur Makassar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar